Materi 6 :Β Cara Simple Membaca Data Iklan Instagram

Nah pada materi kali ini, kita akan membaca Data iklan yang penting dalam IG ads

seperti :

CPC

CTR

Cost per Visit Profile

Cost per Follow

tentunya, disini tidak tersedia di Applikasi Facebook Ads dan disini kita harus hitung secara manual

tapi, sebelum saya mulai memberikan contoh saya akan jelaskan satu persatu metrik yang akan kita baca pada pagi hari ini

πŸ“ CPC (Cost per Click) | Biaya per Klik

CPC ini tujuannya adalah melihat dan mengetahui atau untuk sebagai parameter konten kita Clickable / Unclickable

Konten Kita tuh menarik apa engga sih?

Mudah dimengerti kan?

nah untuk CPC sendiri Maximum nya adalah Rp 1.000

Jika lebih dari Rp. 1000 maka dapat dibilang konten yang kita iklankan kurang menarik

πŸ“CTR (Click Trough Ratio)

Nah CTR adalah :

Rasio antara Jangkauan & Click maksutnya gimana sih?

NOTE : Rumus CTR = Click / Jangkauan x 100%

βž–βž–βž–βž–βž–

Logic Thinking :

Jika iklan temen temen menjangkau 1.000 orang.. dan ternyata yang Click iklan temen temen hanya 10 orang

Coba bayangkan, dari 1000 orang yang click hanya 10 orang… mari kita hitung CTR nya

CTR : 10 / 1000 x 100% = 1%

secara logical, dari 1000 orang yang melihat iklan kita ternyata ada 10 orang yang tertarik..

sedikit apa banyak? Relatif ya hehe

untuk CTR minimum di Instagram adalah 1,5 – 2%

πŸ“ Cost per Visit Profile

Nah Metrik ini adalah Metrik Custom yang harus kita hitung sendiri temen temen

tujuannya agar kita mengetahui, Berapa sih Biaya yang kita keluarkan untuk 1 Orang yang Visit ke Profile kita

Semakin mahal, artinya iklan kita semakin tidak relevan dengan audience yang kita iklankan temen temen

Rumus nya = Spent / Jumlah Visit Profile

πŸ“ Cost per Follow

Tidak jauh berbeda dengan Cost per Visit Profile

Cost per Follow adalah Metrik Custom yang harus kita hitung sendiri temen temen..

Tujuannya agar kita mengetahui.. Konten konten yang kita iklankan mengajak mereka untuk Follow akun kita gak sih?

Biasanya, konten yang interaktif akan mudah di follow orang ketimbang konten yang non-interaktif

Rumusnya juga mudah,

Cost per Follow = Spent Iklan / Jumlah Follow

nah sekarang, kita akan praktek

disini saya akan menggunakan Data Iklan yang sudah temen temen kirimkan kemarin disini ya

Revardi Syahputra, [Jul 8, 2020 at 11:16:14 AM]:

Diketahui. :

Promotion click : 0

Visit Website : 34

Visit Profile : 78

Jangkauan : 35.665

Follow : 3

Spent Iklan : Rp 26.638

Sekarang kita akan menghitung CPC :

Namun aneh ya, ini Promotion Click nya 0 harusnya ada isi nya… anggap saja isinya 10 click yaa..

πŸ“” CPC : Spent Iklan / Promotion clicks

= Rp 26.638 / 10

CPC = 2.663 (Mahal)

πŸ“” CTR : Promotion click / Jangkauan

= 10 / 35.665 x 100% = 0,02% (terlalu Kecil) (Minimal 1,5 – 2%)

πŸ“”Cost per visit : Spent iklan / Visit Profile

= Rp 26.638 / 78

Cost per Visit = Rp 342 (Murah nih)

πŸ“”Cost per Follow : Spent Iklan / Folow

= Rp 26.638 / 3

Cost per Follow : Rp 8.879 (Mahal ini)

Naaah

Paham kan?

TUGAS :

1. Hitung hasil Iklan temen temen yang sudah berjalan

2. Kirimkan Hasilnya di Grup

3. Tag @revardisyahp

4. Simpulkan data iklan temen temen (Apa yang harus di perbaiki dll)

hehe makin panas nih

cukup sekian materi hari ini yaaa

Kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum